DPR : Kemenkop UKM Belum Maksimal Serap Anggaran Program Kewirausahaan

TANGKASNews – DPR Menilai Kementerian Koperasi dan UKM tidak maksimal dalam penyerapan anggaran kewirausahaan yang kini masih tersisa senilai Rp 1,2 Triliun.

 

Menurut Anggota Komisi VI DPR RI Endang Srikarti Handayani hal ini disebabkan karena masih minimnya sosialisasi atas program kewirausahaan tersebut.

 

“Ya tentunya anggaran Rp1,2 triliun wajib terserap maksimal tanpa adanya sosialisasi mana mungkin terserap. Tentunya bunga yang diwajibkan harus disiapkan dengan benar mulai dari 4,5 persen hingga 7 persen. Kalau bunga bank kan sekitar 7 persen,” tuturnya di Jakarta kemarin, Minggu (11/2).

 

Untuk itu DPR , ujarnya, penyerapan bisa di bawah ketentuan bunga bank tersebut. Sehingga mereka dapat membayar kewajiban-kewajiban. “Negara harus hadir menjadi pahlawan,” ucapnya.

 

Endang menyampaikan besar harapannya agar pihak Kemenkop UKM bisa maksimal dalam memberikan permodalan kepada pihak wirausaha.

 

“Sehingga bisa tepat sasaran dan berlanjut terus program kewirausahaan ini,” jelasnya.

 

Sedangkan Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat Pengembangan SDM Kemenkop Haryanto mengutarakan kurangnya maksimal serapan anggaran program kewirausahaan ini lantaran masalah teknik di lapangan . “Pemerintah sebenarnya siap, tapi persyaratan dari pihak pengajuan kredit itu memang kadang belum lengkap dan masalahnya di lapangan. Dan untuk tahun ini kita akan siap dan secara masif secara maksimal,” jelasnya.

 

Red

Editor : Intan