DPR : Indonesia Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

TANGKASNews – “Indonesia harus siap menghadapi itu. Dengan bonus demografi yang kita punya, maka jika ini dikelola dan dimanfaatkan dengan optimal, saya optimis Indonesia masuk menjadi sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia.”

 

Demikian yang disampaikan Ketua DPR, Bambang Soesatyo alias Bamsoet dalam sebuah acara diskusi di Jakarta, Senin (7/5).

 

Bamsoet menegaskan Revolusi Industro 4.0 merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh pihak negara manapun . “Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan era digitalisasi dan kecepatan perubahan teknologi yang harus diikuti oleh siapapun,” sambungnya.

 

Sehingga DPR , ujarnya menyatakan bahwa missmatch atau ketimpangan antara potensi pekerja lokal dengan kebutuhan industri agar dapat diperkecil.

 

“Isu tentang tenaga kerja asing dengan tenaga kerja lokal dapat dijawab dengan mendorong perlunya penguatan dan percepatan transfer teknologi, skill dan knowledge tenaga kerja asing kepada tenaga kerja lokal. Penggunaan dana kompensasi tenaga kerja asing serta penguatan sekolah vokasi dan Balai Pelatihan Tenaga Kerja menjadi hal yang penting,” paparnya.

 

Dalam gelar acara diskusi ini yang bertajuk  Revolusi Industri 4.0, Tantangan Masa Depan Pekerja  oleh SOKSI sekaligus dalam rangka HUT SOKSI ke-58 dan Peringatan Hari Buruh Internasional tanggal 1 Mei.

 

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono dan Anggota DPD RI, GKR Hemas.

 

Red

Editor : Intan