DPR : Indonesia Adalah Negara Yang Sangat Jaga Perdamaian Dunia

TANGKASNews – Indonesia adalah negara yang sangat menjaga perdamaian dunia dan keadilan bagi seluruh umat manusia. Sebagai bangsa yang heterogen, terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan kepercayaan, Indonesia telah terbukti mampu menjadi bangsa yang toleran dan penuh kedamaian.

 

Pernyataan ini disampaikan Ketua DPR, Bambang Soesatyo alias Bamsoet di Gedung Parlemen Senayan, Kamis (3/5).

 

“Kami mempunyai Pancasila yang diambil dari saripati kehidupan masyarakat Indonesia yang dijadikan sebagai ideologi bangsa. Dalam Pembukaan UUD 1945 juga dijelaskan tujuan kehidupan Bangsa Indonesia, salah satunya ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” terang Bamsoet.

 

Untuk itu DPR, paparnya , guna menunjukan komitmen dalam menjalankan UUD 1945 dan Pancasila , selalu aktif di berbagai organisasi internasional untuk menyuarakan toleransi dan perdamaian dunia. Antara lain dalam forum Inter Parliamentary Union (IPU), Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC), Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF), Asian Parliamentary Assembly (APA), ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), serta masih banyak lagi forum parlemen dunia lainnya.

 

“Pada 24 Maret 2018 lalu, saya memimpin delegasi DPR RI dalam sidang IPU ke-138 di Geneva, Swiss, membahas berbagai masalah pengungsi dan pekerja migran. Kami juga mempromosikan kemerdekaan Palestina, mencari jalan keluar bagi etnis Rohingnya, maupun masalah sosial lainnya di berbagai belahan dunia,” ¬†jelasnya .

 

Red

Editor : Intan