DPR Apresiasi Calon Dubes Dalam Ikuti Fit and Proper Tes

TANGKAS – Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanudin menyampaikan bahwa pihaknya memberikan apresiasi atas kualitas para calon Duta Besar Indonesia (Dubes) untuk negara sahabat dalam mengikuti Fit and Proper Test (uji kelayakan dan kepatutan).

“Saya melihat kelima calon dubes cukup siap menjalani tugasnya namun uji kelayakan dan kepatutan ini belum selesai,”  tuturnya di Gedung Parlemen Senayan, Selasa (13/12).

Hasanudin memparakan bahwa uji kelayakan 23 calon dubes itu akan berlangsung dua hari yaitu pada Selasa-Rabu (13-14 Desember) mulai pagi hingga malam hari.

Menurutnya, uji kelayakan dilakukan maka Komisi I DPR memberikan pertimbangan dan pendapat secara keseluruhan terkait kualitas calon dubes.

“Pagi hingga sore ada lima calon yang diuji kelayakan lalu dilanjutkan malam hari dan Rabu, 14/12 dilanjutkan kembali. Pada Rabu malam baru bisa didiskusikan terkait keputusan Presiden menempatkan calon dubes di negara tujuan,”  terangnya.

Disisi lain, Anggota Komisi I DPR, Saifullah Tamliha mengutarakan kesimpulan sementara para calon dubes memiliki kompetensi dan penempatannya di negara-negara sahabat sudah tepat.

Saifullah menekankan para calon dubes nantinya harus mengenal wilayah yang akan ditempati dan kuasai diplomasi di wilayah tersebut di bidang politik, budaya dan sosial.

Saifullah menilai 3 nama calon dubes itu, 15 orang merupakan diplomat karir dan delapan dari kalangan politisi serta orang yang dianggap mampu.

RED
EDITOR : INTAN