Djarot : Pemprov DKI Siap Hadapi Arus Mudik Balik Lebaran 2017

TANGKASNEWS – Berdasarkan Informasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, jumlah kendaraan pada masa angkutan lebaran 2017 diprediksi mengalami peningkatan, meliputi, kendaraan pribadi meningkat sekitar 13,92 persen dari 3,06 juta kendaraan pada 2016 atau menjadi sekotar 3,48 juta kendaraan di 2017. Sepeda motor meningkat 18,18 persen dari 5,14 juta kendaraan pada 2016 menjadi 6,07 juta kendaraan di 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI, Djarot Syaful Hidayat mengatakan para pemudik dihimbau agar melakukan cek ulang kelayakan kendaraan yang akan digunakan dalam program mudik bareng Lebaran 2017 tahun ini.

 

“Harus dicek dan pastikan seluruh kendaraan umum di Jakarta ke daerah asal itu dalam kondisi laik jalan. Kami imbau pada provinsi yang akan melepas arus balik untuk mengecek kendaraan. Saya imbau kepada masyarakat yang akan gunakan kendaraan pribadi untuk cek rutin kendaraan, baik roda empat maupun dua,” tutur Djarot saat melakukan peninjauan kesiapan terminal Pulo Gebang , Rabu (14/6).

Selain itu, Djarot menegaskan bahwa mulai 15 Juni para petugas baik TNI Polri, dan pihak terkait telah siaga melayani warga dalam arus mudik Lebaran 2017.

Djarot menambahkan para petugas tersebut juga telah disiagakan pada H + 15 dalam Arus Balik Lebaran 2017. “Berdasarkan info ada kecenderungan peningkatan mudik (arus) balik. Terjadi peningkatan pemakaian kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua,” ucapnya.

Untuk itu Pemprov DKI, tegasnya, meminta kepada Satpol PP, TNI dan Polri juga turut dalam membantu menjaga lingkungan kelurahan agar aman saat ditinggalkan mudik. “Masyarakat cek kembali rumah, matikan listrik, stop kontak, cek tabung gas, kunci rumah dengan baik, serta titipkan rumah ke tetangga yang tidak ikut mudik,” pungkasnya.

Djarot juga menghimbau kepada Dinas Kesehatan Pemprov DKI agar melakukan cek kesehatan dan bebas narkoba dari sopir dan kondektur angkutan umum.\

RED
EDITOR : INTAN