China Telah Cabut Travel Warning Atas Erupsi Gunung Agung

TANGKASNews – Kepala Dinas Pariwisata Badung, I Made Badra memberikan apresiasi dan menyambut positif atas penerintah China yang telah mencabut ” travel warning” terkait adanya erupsi Gunung Agung yang kini tengah berlangsung.

 

Untuk itu Bali berharap dengan dibukanya kembali kunjungan wisatawan Tiongkok ini dapat meningkatkan prosentase kunjungan wisman di tahun 2018 . “Dengan dibukanya kembali kunjungan wisatawan asal Tiongkok ke Bali diharapkan kunjungan pelancong ke Pulau Dewata meningkat dan tingkat hunian hotel juga bertambah, terutama dalam menyongsong Perayaan Tahun Baru Imlek pada bulan Februari 2018,” terangnya.

 

Selanjutnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Adi Nugroho menjelaskan jumlah wisatawan asal Cina yang berliburan ke daerah tujuan wisata Pulau Bali sebanyak 1,37 juta orang selama sebelas bulan periode Januari-November 2017, melonjak 467.292 orang atau 51,52 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya tercatat 907.028 orang.

 

“Masyarakat negeri Tirai Bambu itu datang ke Bali sebagian besar lewat Bandara Ngurah Rai Bali, dengan menumpang pesawat yang terbang langsung dari negaranya, hanya 164 orang melalui pelabuhan laut dengan menumpang kapal pesiar,”paparnya.

 

Adi menegaskan wisatawan China ini mempu menempati peringkat teratas untuk kunjungannya ke Bali.

 

” Wisatawan China mampu memberikan andil sebesar 25,54 persen dari total wisman ke Bali sebanyak 5,38 juta orang selama sebelas bulan pertama tahun 2017, meningkat 896.691 orang atau 19,99 persen, karena periode yang sama tahun sebelumnya hanya menerima 4,48 juta orang, ” paparnya

 

Red

Editor : Intan