Carsentro, Terobosan Baru Sistem Market Carmudi dan Pertama di Indonesia

TANGKAS – Persaingan penjualan kendaraan khususnya type Roda Empat (R4) di Indonesia boleh dibilang sangat ketat. Antara satu dealer dengan dealer lainnya saling berlomba untuk dapat menguasai pasar lokal maupun nasional otomotif.

Seperti halnya yang dilakukan oleh “Carmudi.co.id” salah satu situs online yang membantu para konsumen otomotif untuk menemukan mobil yang diinginkannya secara murah dan aman di tahun 2016 ini telah melakukan terobosan baru menggunakan sistem Integrated Marketing Communication (IMC).

Menurut keterangan dari Chandra Sidik, Head of Marketing and PR dari carmudi.co.id mengutarakan sistem IMC ini merupakan sistem yang digunakan dengan menggabungkan beberapa dealer dealer mobil menjadi satu dan bersifat nasional.

” Sistem IMC ini menggabungkan seluruh source (sumber) communication bursa mobil menjadi satu dan carmudi ini bertindak sebagai wadahnya,” ujar Chandra pada Minggu Sore (21/8) di Booth Carmudi, Gaikindo Indonesia International Auto Shw (GIIAS) 2016, ICE BSD Serpong Banten.

Chandra menekankan walaupun bursa mobil kini diakuinya sudah menjamur, namun Sistem IMC ini suatu terobosan baru dalam pemasaran mobil khususnya mobil bekas (second).

Lebih lanjut, Chandra menyampaikan wilayah yang dijadikan pilot project dalam pengembangan sistem IMC Carmudi adalah di Semarang, Jawa Tengah.

Chandra menuturkan konsep yang diadopsi dalam sistem IMC Carmudi mengusung konsep “Carmudi Central Otomotif (Carsentro)”.

“Kita gabungkan dealer dealer mobil bekas dan kita buatkan bursa mobil. Dealer dealer mobil ini memang sudah dekat dengan Carmudi,” jelasnya.

Pengembangan Sistem IMC Carsentro ini menurut Chandra rencananya akan dikembangkan tahap awal di beberapa wilayah seperti di Semarang, Palembang, Pekanbaru, Medan, dan Surabaya, Yogyakarta, Solo, Makasar dan beberapa wilayah lainnya.

” Sistem Carsentro Carmudi ini menjadi pionir di Indonesia, selain Adira,” ujar Chandra.

Chandra menjelaskan bahwa jumlah dealer mobil bekas yang telah gabung dengan Carmudi secara nasional sekitar 4000 dealer dengan menggunakan tenaga SDM sebanyak 97 orang.

Terkait target, Chandra menyampaikan bahwa di tahun 2016 ini carmudi memiliki target untuk meningkatkan jumlah penjualan mobil bekas di tanah air.

“Target carmudi di 2016 adalah meningkatkan penjualan mobil bekas di Indonesia dengan pelayanan yang aman dan nyaman,” terangnya.

Pelayanan plus yang dimiliki oleh Carmudi, Chandra menambahkan tentang garansi yang diberikan terhadap para konsumen. “Para konsumen yang menggunakan jasa carmudi akan mendapatkan garansi 30 – 90 hari untuk mesin dan berlaku diseluruh carsentro di Indonesia,” jelasnya.

RED

EDITOR : INTAN