Buka PKB 2019, Presiden Jokowi : Dumogi Semeton Rahajeng Sareng Sami

TANGKASNews – Pada hari ini, Sabtu (15/6), Presiden Jokowidodo didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi kembali hadir di Pulau Dewata Bali , guna membuka perhelatan tahunan, Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 41 Tahun 2019.

Mengawali sambutannya, Presiden Jokowi menyapa masyarakat yang hadir di Monumen Bajra Sandi Denpasar dengan mengenakan Bahasa daerah Bali.

“Punapi gatrane?,” (bagaiamana kabarnya – red) ,” sapa Kepala Negara yang disahuti langsung oleh masyarakat “becik ” (keadaan baik red).

Kemudian Presiden Jokowi kembali melanjutkan menyapa dengan mengucapkan Becik enggih….?(baik ya ….?),” tanya Jokowi, yang kemudian dibalas oleh penonton “enggih”.

“Dumogi para semeton rahajeng sareng sami (semoga saudara semua baik semuanya, red),” sambung Presiden Jokowi.

Sebelumnya Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam sambutannya menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti gelar PKB 2019 ini sebanyak
sebanyak 4.370 orang, baik dari seniman, penabuh, penari, koreografi, serta masyarakat pencinta seni dari sembilan kabupaten/kota. Selain itu, juga diikuti duta 10 provinsi yakni Papua, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Tengah.

“Secara keseluruhan, format PKB tahun ini ditata secara kreatif dan inovatif sebagai mana kebijakan yang diatur dalam kebijakan Gubernur Bali mengenai Busana Adat Bali, Pelindungan, Pengunaan Sastra Bali, Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai, serta Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian Perikanan dan Industri Lokal,”  papar Gubernur Koster.

Red
Tangkas Bali – Gung Intan