Budi Gunawan Diajukan Sebagai Kepala BIN Oleh Presiden

TANGKAS – Isu terbaru yang beredar terkait usulan Presiden Jokowidodo terkait pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Dimana dikabarkan, Presiden melalai Sekretaris Negara telah melayangkan surat pengajuan Wakapolri, Komjen Pol Budi Gunawan untuk menjadi pengganti Sutiyoso.

Namun Kabar pergantian Kepala BIN ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Komisi I DPR, Hanafi Rais, Selasa (23/8) di Gedung Parlemen.

Walaupun sebelumnya, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyampaikan bahwa pihaknya belum menerima surat dari presiden Jokowdido, Hanafi menambahkan pihak DPR akan menggelar Fit and Proper Test terhadap Budi Gunawan pada pekan depan.

“Menurut dia sudah ada pembahasan awal di Komisi I DPR (fit and proper test). Dan memang, apabila surat masuk dalam 20 hari, harus ada pembahasan selanjutnya. “Ya siap-siap saja,” jelasnya.

Isu pergantian Kepala BIN ini sebelumnya pernah disinggung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun saat itu, Wapres tidak menjelaskan secara rinci terkait pergantian Kepala BIN tersebut.

Kendati demikian, Jusuf Kalla menegaskan bahwa pemerintah dalam waktu dekat memang benar akan melakukan pergantian Kepala BIN.

“Kalau BIN tunggu sajalah perkembangannya, dalam waktu tidak terlalu lama,” terangnya.

RED

EDITOR : INTAN