BMKG : Waspada Gelombang 6 Meter Landa Pesisir Pantai Selatan Bali

TANGKASNews – Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, Taufik Gunawan menyampaikan agar tetap waspada akan tinggi gelombang laut mencapai 1,5 hingga 6 meter berpotensi terjadi di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, dan Selat Lombok bagian selatan.

 

“Kami imbau masyarakat untuk mempertimbangkan kondisi tersebut sebelum melaut,”  ujarnya di Denpasar, Rabu (25/7).

 

Lebih lanjut, Taufik menambahkan untuk Samudra Hindia wilayah selatan Bali hingga Nusa Tenggara Barat (NTB), gelombang tinggi diperkirakan mencapai 3,5 hingga 6 meter. Sedangkan tinggi gelombang laut di perairan Laut Bali diperkirakan mencapai 0,5 hingga 2 meter dan Selat Bali bagian utara mencapai 1,25 hingga 2,5 meter.

 

Khususnya untuk Kapal penyebrangan fery ataupun tongkang , tegas Taufik , agar mewaspadai adanya kecepatan angin lebih dari 21 knot dan ketinggian gelombang lebih dari 2,5 meter.

 

Disisi lain, dampak tingginya gelombang pasang, air laut di Pantai Kuta Bali dikabarkan meluber hingga ke jalan protokol.

 

Kepala SAR Denpasar, Ketut Gede Ardika menjelaskan terus siaga dan memantau alur laut di sejumlah wilayah yang mengalami gelombang tinggi. “Koordinasi sudah dilakukan dengan instansi lain untuk mengantisipasi hal lebih lanjut dari ekses gelombang tinggi,” terangnya.

 

“Kami sudah berkoordinasi dengan instansi lain dan siaga di sejumlah wilayah. Saat ini belum ada permintaan evakuasi dari turis-turis. Prinsipnya kami sudah siap jika hal itu memang harus dilakukan,” tutupnya.

 

Gung Intan

Tangkas Bali