Bimtek Bakamla RI Tingkatkan Penyusunan Program dan Anggaran

TANGKASNEWS – Untuk meningkatkan kualitas penyusunan Program dan Anggaran di Lingkungan Bakamla RI, Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla RI dibawah pimpinan Kolonel Laut (S) Dr. I Wayan Warka, M.M. menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Perencanaan Program dan Anggaran Bakamla RI T.A. 2017, di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Rabu (9/8).

Dalam sambutannya, Kolonel Wayan yang telah dilantik sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi tepat seminggu yang lalu menyampaikan bahwa langkah awal untuk meningkatkan kualitas penyusunan program dan anggaran yaitu adanya tekad bersama yang kuat untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi Bakamla RI, dan selanjutnya membekali diri dengan pengetahuan dan kompetensi yang memadai dalam hal perencanaan program dan anggaran.

Untuk itulah dilaksanakan bimbingan teknis ini, sebagai salah satu upaya untuk membekali kita semua pengetahuan yang cukup, katanya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti bersama setelah pelaksanaan Bimtek, yaitu pertama, penyelarasan rencana program dan anggaran antar unit kerja agar lebih sinergis sehingga tidak terjadi duplikasi kegiatan. Kedua, perlunya tiap unit kerja mempersiapkan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RK-BMN) untuk 3 tahun ke depan khususnya terkait proses penyusunan RK-BMN di Bakamla RI. Ketiga, perlunya setiap unit kerja untuk meningkatkan koordinasi, integrasi, dan sosialisasi dalam merencanakan, melaksanakan, hingga mengevaluasi dan melaporkan seluruh program dan anggaran kegiatan secara berkala.

Menurut keterangan Rilis dari Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Marinir Mardiono, Kamis (10/8) menyampaikan bahwa dalam kegiatan bimbingan teknis menghadirkan beberapa nara sumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (DJA Kemenkeu). Dari Bappenas yaitu Kasubdit Keamanan Negara Maharani Putri SW. MSM., Perencana Madya Bogat Widyatmoko MA dan Perencana Muda auzal Muslim MSc. Sedangkan dari DJA Kemenkeu yaitu Kasubdit Anggaran Bidang Hankam Dit AB Polhukam dan Babun Dr. Dwi Djaja Adi D.T., M.M., Kasi AB Hankam IV Dit Polhukam dan Babun Nur Endah S, S.TP, M.T., Analis Anggaran BA senior Burju Antony S, S.S., dan Staf Pengolah Anggaran Bidang Hankam IV Isnen Hadi A S.S, S.E.

RED
EDITOR: INTAN