Bima Arya Canangkan Perda Perlindungan Pohon

TANGKASNEWS – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyampaikan pihaknya kini tengah mecanangkan peraturan daerah (perda) khusus mengenai perlindungan pepohonan dan lingkungan hidup.

Gagasan ini, menurut Bima Arya terkait dengan adanya penebangan beberapa pohon dilindungi oleh orang pada Sabtu (20/5) pekan lalu.

“Kejadian penebangan pohon secara ilegal di Jl Pajajaran jadi catatan serius kami, perlu ada Perda khusus yang mengatur perlindungan lingkungan hidup di Kota Bogor,” tutur Bima Arya di Bogor pada Minggu (28/5).

Bima Arya memaparkan Tiga pohon mahoni berdiameter batang 70 centimeter dan tiga pohon pelem putri berdiameter batang 15 centimeter di Jl Pajajaran, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, ditebang orang pekan lalu.

“Kami sudah mengumpulkan keterangan dari warga sekitar. Penebangan dilakukan tengah malam, kemungkinan besar oleh pemilik tanah yang mau membangun ruko,”  imbuhnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pertamanan, PJU dan Dekorasi, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor, Yadi Cahyadi, menjelaskan bahwa penebangan pohon baru bisa dilakukan bila ada izin dari Pemerintah Kota Bogor.”Saat ini keberadaan pohon diatur dalam Perda Nomor 8 Tahun 2006 tentang ketertiban umum, setiap yang mau menebang harus mangajukan izin,”  jelasnya.

Endha (BJ)

EDITOR :: INTAN