BI : Sidang Tahunan IMF Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Bali

TANGKASNews – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana alias CIK mengatakan Sidang Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia yang dijadwalkan berlangsung di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Oktober 2018 akan menjadi salah satu indikator pendorong pertumbuhan ekonomi Bali.

 

Menurutnya,Sidang Tahunan IMF mendatang akan menyebabkan terjadinya perputaran uang di Pulau Dewata ini mencapai Rp 4 Triliun .

 

“Ini akan menjalankan ekonomi di Bali lebih kencang,” ujar CIK di Yogyakarta, Ahad (11/2).

 

Cik menambahkan menjelaskan bahwa Perputaran uang besar itu, lantaran Sidang tahunan IMF dan Bank Dunia bakal melibatkan sekitar 15 ribu delegasi dari 189 negara. Mereka merupakan para petinggi bank sentral negara peserta, praktisi keuangan, ekonom, penentu kebijakan ekonomi, praktisi dan delegasi lainnya yang akan mengeluarkan belanja tidak sedikit selama di Bali.

 

Menjelang pelaksanaan Sidang tahunan IMF tersebut, paparnya, berbagai persiapan juga tengah dilakukan di antaranya, pembangunan proyek infrastruktur jalur jalan bawah tanah atauunderpass di simpang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

 

Selain itu, Cik menambahkan pengembangan pelabuhan marina (tourism port) di Benoa, Denpasar dan proyek perluasan apron pesawat di Bandara Ngurah Rai. “Itu untuk mendukung kapasitas parkir pesawat berbadan lebar, serta mengakomodasi tingginya lalu lintas penerbangan menjelang pertemuan akbar itu,” terangnya.

 

Pemerintah , ujarnya, telah menyiapkan dana sebesar Rp 868 Milliar untuk persiapan Sidang Tahunan IMF tersebut. ” untuk menyukseskan pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia 2018. Dana yang diambil dari APBN 2018 itu, dikucurkan untuk pembangunan proyek infrastruktur, akomodasi delegasi dan kebutuhan lainnya,” tutupnya.

 

RED

EDITOR : INTAN