Bersama Ibu Negara , Presiden Jokowi Resmikan KA Bandara Minangkabau Ekspress

TANGKASNews – Pada Hari ini, Senin (21/5), didampingi Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi meresmikan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat.

 

“Kereta bandara seperti ini baru ada di Medan, kemudian di Jakarta, kemudian yang sekarang ada di Sumatra Barat di Padang,” ¬†ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

 

KA Minangkabau Ekspress ini merupakan kereta bandara ketiga yang diresmikan Presiden Jokowidodo , setelah KA Bandara Kualanamu dan KA Bandara Soekarno-Hatta.

 

Dengan diresmikannya KA Minangkabau Ekspress ini, Presiden Jokowi berharap penggunaan mobil pribadi bisa dikurangi sehingga bisa mengurangi kemacetan, seperti halnya di Jakarta.

 

“Kenapa kereta dibangun di Jakarta Kota ke Bandara? Karena kita ingin mengurangi mobil pribadi. Kita ingin orang naik transportasi massal, busway, kereta, sebentar lagi ada MRT dan LRT. Tanpa itu pasti di seluruh dunia pasti akan macet. Di Sumatra Barat khususnya di Kota Padang, kita ingin hal yang sama,” sambung Kepala Negara.

 

Dalam kesempatan tersebut , Presiden Jokowi menegaskan bahwa KA Minangkabau Ekspress ini dibiayai APBN dan bukan swasta sehingga harganya murah terjangkau. Tiketnya sangat murah sekali. Kalau di Jakarta dikerjakan swasta kalau di sini dikerjakan APBN. Tadi saya ngecek langsung tiketnya. Di sini tiket tercantum Rp10 ribu. Artinya apa? Ya sangat murah sekali. Kalau Bapak, Ibu naik mobil ke airport, mungkin 1 jam. Hitung saja bensin berapa,”jelasnya.

 

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, Gubernur Sumatera Barat Iwan Prayitno dan Dirut PT KAI Edi Sukmoro.

 

Red

Editor : Intan