Bamsoet : Waspada, Hoax Jadi Senjata Utama Prabowo Sandi Dalam Pilpres 2019

TANGKASNews – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo menghimbau kepada publik agar waspada terhadap isu kebohongan (hoax) yang marak muncul jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

 

Pria dengan sapaan akrab Bamsoet ini menambahkan Hoax ini telah menjadi alat manuver politik yang digunakan pihak pasangan calon guna mendiskreditkan pemerintah atau Calon Presiden Jokowidodo.

 

“Masyarakat dihimbau agar lebih selektif dan bijaksana dalam menyikapi setiap informasi yang beredar di ruang publik. Setiap hari, ada ratusan bahkan ribuan informasi yang beredar di ruang publik,” ujar Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Ahad (6/1).

 

Bamsoet menuturkan setelah adanya hoaks tujuh kontainer surat suara yang tercoblos, tidak menutup kemungkinan ada prihal baru hoaks lainnya yang tengah dipersiapkan kubu Prabowo Sandi.

 

“Kecenderungan menyebarluaskan berita bohong atau hoaks sebagai modus melakukan manuver politik dari Kubu Prabowo Sandi  kemungkinan akan berlanjut menuju pelaksanaan agenda pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (Pileg) tahun ini,” paparnya.

 

Untuk itu DPR, ucapnya, menghimbau kepada seluruh masyarakat dan institusi penegak hukum agar dapat mewaspadai kecendrungan akan beredarnya kembali Hoaks yang akan diluncurkan pihak Prabowo Sandi.

 

“Menjadi sangat penting bagi penegak hukum untuk segera dan sigap merespons hoaks seperti itu. Respons terukur dari penegak hukum menjadi keharusan agar hoaks seperti itu tidak meresahkan masyarakat, serta juga tidak mengganggu keamanan dan ketertiban umum,” tegasnya.

 

Red

Editor : Intan