Atasi Sengketa Lahan, Presiden Jokowi Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah

TANGKASNEWS – Sesuai Agenda, Presiden Jokowidodo pada hari ini , Jumat (9/6) melakukan kunjungan kerja ke Tasikmalaya, Jawa Barat.

Presiden Jokowi membagikan sekitar 2359 buku sertifikat di Halaman Balai Kota Tasikmalaya didampingi Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah saat ini tengah gencar gencarnya membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat kecil.

Hingga kini, imbuh Presiden Jokowi, ada 126 Juta tanah yang harus disertifikasi , namun baru sekitar 46 juta bidang tanah yang jadi sertifikat.

Bagi bagi sertifikat ini, terangnya, dilakukan karena selama ini kerap terjadi sengketa lahan dengan para pengusaha dan kebanyakan rakyat belum mempunyai sertifikat dalam kasus tersebut.

“Oleh sebab itu, saya perintahkan kepada menteri agar sertifikat itu harus segera diberikan supaya masalah-masalah sengketa tadi bisa rampung,” tegasnya.

Untuk itu Pemerintah, ungkapnya, berpesan kepada para masyarakat penerima sertifikat agar menjaga betul sertifikat atas tanah yang diberikan.

“Saya titip, disimpan, diberi plastik supaya jika ada genting bocor tidak merusak sertifikat. Sertifikat juga harus difotokopi agar jika hilang masih ada fotokopian sehingga ngurusnya mudah,” tutupnya.

Red
EDITOR: INTAN