Aksi 212 Tunjukan Kematangan Budaya Masyarakat Indonesia

TANGKAS – Pasca Aksi Super damai 212, Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta (OSO) menilai gelar demo damai tersebut menunjukan upaya dalam menjaga kebhinnekan dan keutuhan NKRI.

“Jalannya aksi doa bersama sesuai niat awal. Ini buah kerja keras seluruh komponen bangsa dalam menjaga kebhinekaan dan keutuhan NKRI,” tuturnya di Jakarta, Sabtu (3/12).

Selain itu, OSO menilai Aksi 212 telah membuktikan tentang tingginya toleransi dan ketaatan masyarakat Indonesia atas proses penegakan hukum. Ketakutan akan terjadinya kegaduhan tidak terbukti, bahkan massa aksi ikut menjaga ketertiban dan kebersihan dilokasi kegiatan.

“Tidak ada massa aksi yang merusak fasilitas umum. Bahkan, mereka saling mengingatkan untuk menjaga ketertiban dan kebersihan dilokasi kegiatan. Ini patut diapresiasi,” ungkapnya.

Bukan itu saja, Oso juga memberikan aprsiasi atas kerja keras aparat keamanan dalam menjaga jalannya aksi. Menurut dia, pendekatan pesuasif dan komunikatif aparat kemanan sukses mencegah upaya provokatif sejumlah kelompok yang ingin menunggangi aksi tersebut.

“Aksi 212 menunjukan bentuk kematangan budaya masyarakat Indonesia dalam berpolitik, sehingga dapat berlangsung damai dan khidmat, ” tegasnya.

RED

EDITOR : INTAN