Akhirnya , Tantowi Disetujui Jadi Dubes Untuk Selandia Baru

TANGKAS – Setelah berjalan selama 3 Bulan, akhirnya Anggota Komisi I DPR, Tantowi Yahya atas usulang partai Golkar disetujui untuk menjadi Duta Besar untuk Selandia Baru oleh Presiden Jokowidodo.

Hal ini disampaikan oleh Tantowi di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta  pada Senin (28/11).

“Alhamdulillah Presiden menyetujui itu. Proses selanjutnya pengiriman nama ke Kemenlu. Prosesnya cukup lama, hingga ditetapkan ada 23 pos yang kosong,”  tutur Tantowi.

Dalam keterangannya, Tantowi menyebutkan ada tiga jalur seseorang diusulkan menjadi dubes.

Pertama, ucap Tantowi, dari Kemenlu, yang diajukan adalah para diplomat yang jenjang karir eselonisasi dan dari sisi waktu sudah sepantasnya, sudah waktunya dicalonkan jadi Dubes.

Kedua, diusulkan dari jalur partai politik. Parpol katanya punya kesempatan untuk memajukan kadernya yang dianggap mampu, untuk dipertimbangan Presiden sebagai calon duta besar.

Dan terakhir, dari meja Presiden. Presiden punya hak memilih siapapun yang pantas untuk jadi kepala perwakilan RI di negara sahabat,”  terangnya.

Tantowi mengatakan pembicaraan mengenai pengusulan dirinya di Golkar sudah ada sejak tiga bulan  lalu. Namun dirinya mengaku belum ada persiapan saat masuk daftar 23 dubes yang diajukan.

RED
EDITOR : INTAN