Akhir Pekan Depan , Presiden Jokowi Akan Buka Pesta Kesenian Bali 2017

TANGAKSNEWS – Pesta Kesenian Bali (PKB) menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali yang kerap digelar setiap pertengahan tahunnya.

Menurut keterangan dari Kepala Dinas Pariwisata Bali, Anak Agung Yuniartha Putra menyampaikan PKB 2017 kembali akan dibuka oleh Presiden Jokowidodo seperti tahun sebelumnya.

”Gubernur Bali sudah bertemu dengan Bapak Presiden dan Beliau mengkonfirmasi kehadirannya. Maka dari itu, kami panitia terus mempersiapkan kedatangan Beliau,” tuturnya.

Agung menjelaskan gelar open ceremony PKB 2017 ini rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu (10/6) di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Denpasar.

Acara pembukaan PKB 2017 , ujarnya, akan ditandai dengan penancapan tongkat kayonan (Nama tongkat dalam cerita pewayangan berbentuk pepohonan) dan selanjutnya akan keluar air mancur.”Air mancur rencananya akan dikeluarkan oleh Presiden Jokowi dengan cara menancapkan tongkat ‘kayonan’. Tongkat ini seperti salah satu wayang berbentuk pepohonan. Setelah ditancapkan, langsung mengeluarkan air mancur, pokoknya panitia dari Dinas Kebudayaan sudah mempersiapkan ini dengan cantik,” paparnya.

“Hal ini dirancang sesuai tema yang diusung dalam PKB ke 39 Tahun bertajuk “Ulun Danu” yang mengandung arti Melestarikan Air Sumber Kehidupan,” imbuhnya menjelaskan Senin (5/6) di Denpasar Bali.

Di tempat terpisah, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar Esthy Reko Astuti mengatakan pihak Pemprov Bali juga telah menyiapkan kendaraan hias yang akan dikenakan Presiden Jokowidodo dalam gelar pawai Open Ceremony PKB 2017 mendatang.

“Kendaraan hias itu akan berisikan ukir-ukiran Bali, seperti berbagai bentuk patra dan karang. Sedangkan bentuk kendaraan hias secara garis besar seperti pondasi dari sebuah bangunan bale bengong, karena yang diinginkan bentuknya benar-benar terbuka,” imbuhnya.

Esthy mengatakan perancang mobil hias yang akan dikenakan Presiden Jokowi dalam pawai PKB 2017 mendatang adalah Gede Agus Wiguna Putra. Dan jenis kendaraan yang akan digunakan adalah Truk pengangkut pasir yang dideain dengan ukiran Bali menggunakan bahan Styrofoam serta rangka terbuat dari balok dan besi.

Gung INTAN (TANGKAS BALI)
EDITOR :INTAN