Ahok Nilai Daerah Mitra Sebagai Perpanjangan Wilayah DKI

TANGKAS – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI memiliki hubungan baik dengan daerah mitra, seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Meskipun tidak ada kerjasama yang terjalin, Basuki memastikan bahwa Pemprov DKI akan terus mengalokasi hibah kepada daerah mitra tersebut.

“Enggak ada permasalahan sampah saja, saya kasih Rp 100 miliar ke (Kabupaten) Bogor dan Tangerang juga dikasih Rp 400 miliar. Kami sediakan (hibah) Rp 1 triliun untuk daerah mitra,” Ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (12/11).

Ahok juga menilai bahwa daerah mitra sebenarnya merupakan perpanjangan wilayah dari Jakarta. “Kenapa kami bantu? Karena Jakarta itu seharusnya wilayahnya sampai Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Ini bukan soal kekuasaan ya,” imbuh Ahok.

Daerah mitra ini, lanjut dia, pasti saling membutuhkan satu sama lain. Dalam mengantisipasi banjir di Jakarta misalnya, Pemprov DKI bekerjasama dengan daerah hulu seperti Bogor, Depok, dan Puncak.

Di lain sisi, banyak warga daerah mitra yang bekerja di Jakarta. “Orang yang masuk Jakarta, tiga juta lebih itu siapa? Itu mereka dari pinggiran semua. Banyak juga orang Jakarta enggak mampu beli rumah, terpaksa pindah ke daerah lain,” ujarnya.

Terakhir, Pemprov DKI berencana bekerjasama dengan Pemkab Bogor dalam hal pembuangan sampah diĀ Tempat Pembuangan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Regional Nambo, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pembuangan sampah di sana sebagai alternatif lain selain di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang. “(Buang sampah) di Bantargebang tetap jalan, Bogor juga sedang siapkan. (Kabupaten) Bogor mah baik banget,” tegas Gubernur DKI.

Endha (BJ)

EDITOR : DD BIN