80 Tim Advokasi Bhinneka Tunggal Ika Siap Dampingi Sidang Kasus Ahok

TANGKAS – Cagub DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menjalani sidang perdananya dalam kasus penistaan agama di PN Jakarta Utara pada hari ini, Selasa (13/12).

Sekitar 80 pengacara yang tergabung dalam “Tim Advokasi Bhinneka Tunggal Ika” akan siap mendampingi ahok dalam sidang kasus penistaan agama tersebut.

“Bahwa advokat yang menjadi kuasa hukum, Tim Advokasi Bhineka Tunggal Ika BTP, yaitu sekitar 80 orang, dibagi dalam 2 tim,”  tutur Ketua Tim Advokasi Bhinneka Tinggal Ika BTP, Sirra Prayuna di Jakarta, Selasa (12/12).

Prayuna memaparkan bahwa Dua tim tersebut adalah tim litigasi yang bertugas untuk mendampingi Ahok di setiap persidangan dengan jumlah 10-20 advokat. Tim kedua adalah tim non litigasi sebanyak 60 orang.

“Tugasnya adalah menghimpun berbagai informasi, data dan fakta terkait peristiwa 27 September 2016 di Kepulauan Seribu. Kedua melakukan verifikasi dan validasi data baik bukti surat tertulis maupun keterangan saksi dan ahli,”  jelasnya.

Selanjutnya, prayuna menambahkan bahwa  tugas keempat tim ini adalah terkait dengan prosessing persidangan. Yakni menginput berbagai fakta-fakta persidangan yang akan dijadikan bahan menganalisis fakta dan yuridis nantinya.

“Persidangan hari ini akan dihadiri oleh para advokat yang jumlahnya secara teknis persidangan akan kami sesuaikan dengan jumlah kursi yang disediakan oleh kepanitraan PN,”  terangnya.

RED

EDITO R: INTAN