2018, Presiden Jokowi Janji Tidak Akan Lagi Impor Jagung

TANGKAS – “Saya kalau dengar yang namanya impor pangan, itu sedih banget.”

Prihal ini diungkapkan Presiden Jokowidodo dalam acara pemberian penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara di Istana Negara Jakarta, Rabu (30/11).

Presiden mengatakan beberapa pangan yang harusnya bisa ditanam Indonesia, tapi masih diimpor, diantaranya buah, jagung, beras.

“Beras impor, tapi tahun ini tadi pak Menteri Pertanian bilang sudah nggak impor, sudah. Jagung dulu masih impor 3,2 juta ton sekarang sudah turun anjlok 60 persen, bagus,”  terangnya.

Di tahun 2018, Presiden Jokowi berjanji akan tidak lagi mengimpor jagung. Hal ini sesuai apa yang dijanjikan oleh Menteri Pertanian, Aamran Sulaiman.

“(Tahun) 2018, udah nggak impor jagung. Janji pak menteri (pertanian) dengan saya, saksinya bapak-ibu semua, tapi harus didukung bapak ibu semuanya juga,” tuturnya.

Selain itu, Presiden JOkowi juga berjanji pemerintah akan terus meningkatkan dana desa hingga Rp 120 triliun pada 2018 guna mendukung ketahanan pangan nasional.

Dengan dana Desa, Presiden Jokowi berharap bisa digunakan untuk membangun irigasi, embung-embung yang bisa sebagai kantong air sehingga bisa meningkatkan produksi pangan nasional.

“Ini hanya masalah niat, mau atau tidak mau. Ada niat, mau atau tidak mau. Kalau niatnya kuat, maunya kuat rampung urusan-urusan seperti itu,” tegasnya.

RED
EDITOR : INTAN