2017, Bangli Sulap Kawasan Geopark Berstandar Dunia Dengan Dana Rp 100 M

TANGKAS – Bali dihadapkan dengan program 10 Destinasi Wisata Baru oleh Pemerintah. Guna mempertahankan reputasi Bali sebagai Destinasi utama wisata Indoensia, Pemberintah Kabupaten Bangli, Bali berencana melakukan pentaaan kawasan Geopark Kintamani yang berstandar dunia.

“Untuk penataan kawasan Geopark, nanti akan kita tata dan sulap  dengan standar dunia,” ujar Wakil Bupati Bangli, Nyoman Sedana Arta pada Selasa (3/5).

Arta menuturkan, mulai menggagas akan menyulap kawasan Geopark Batur menjadi kawasan berstandar dunia. Untuk mewujudkan itu, pihaknya kini telah merancang anggaran penataan kawasan Geopark sebesar 100 miliar tahun 2017.

Menurut Arta, penataan kawasan Geopark ini untuk menghilangkan kesan buruk yang selama ini masih melekat di Kintamani yang kumuh, ruwet dan serba krodit.

“Pembangunan sekarang mengacu pada skala prioritas. Untuk penataan Kintamani tahun 2017 akan dianggaran sebesar Rp 100 miliar,” jelasnya.

Arta memaparkan Sebanyak 21 titik geosite yang ada akan kita tata, jadikan obyek wisata. Selain itu  juga akan dilengkapi, diorama sejarah singkat keberadaan geosite.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bangli, Made Gianyar menyampaikan jika anggaran 100 miliar tersebut belum cukup, Bupati memastikan akan kembali menggagarkan pada tahun berikutnya.

“Kita targetkan dalam tiga tahun kedepan, Kintamani harus sudah berubah. Kita akan buat masyarakat terkaget-kaget nantinya,”  tegasnya.

Gung BAYOE – TANGKAS BALI

EDITOR : DD BIN