10 Fraksi DPR Tidak Setuju dengan 33 Nama Calon Dubes RI

TANGKAS – Komisi I DPR RI telah selesai melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test bagi 33 calon duta besar (dubes) RI untuk negara-negara sahabat. Namun, sayangnya tidak semua fraksi sepakat untuk mendukung 33 calon.

“10 fraksi sudah sampaikan pandangan, pandangannya tidak bulat. Saya tidak bisa sampaikan satu per satu. Dalam Tata Tertib (Tatib) disampaikan secara rahasia kepada presiden,” kata Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq di DPR, Jumat (18/9)

Mahfud mengungkapkan, suatu hal yang mempengaruhi 10 fraksi tidak setujui 33 nama calon dubes RI tersebut antara lain karena latar belakang masing-masing dubes sangat beragam. “Maka ini mempengaruhi penilaian kepatutan dan kelayakan mereka sebagai calon dubes. Umumnya seperti itu,” tuturnya.

‎Sementara itu kata dia, Komisi I DPR sangat memperhatikan visi misi diplomasi ekonomi calon dubes. Pasal yang tengah dibutuhkan Indonesia adalah peningkatan ekonomi untuk neraca perdagangan. “Sebagian dubes bisa jelaskan itu, sebagian tidak. Ini jadi PR Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk diperlukan peningkatan. Ini agar betul-betul perform capai target yang pemerintah inginkan selama 3 tahun masa jabatan dubes,” jelasnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menegaskan, pada prinsipnya 33 calon dubes ini akan disampaikan ke presiden secara tertutup yang kemudian akan dikomunikasikan ke Menteri Luar Negeri (Menlu) untuk di diskusikan. “Ini jadi bahan penting bagi kemenlu dalam proses selanjutnya,” tegasnya.

J.Agna Dentha

EDITOR : DD BIN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.